Selasa, 14 Oktober 2014

Cara Membuat Desain Rumah Impian

Sebuah desain akan sangat penting dalam pembuatan sebuah hunian yang nyaman, karena dengan itu kita jadi mempunyai konsep dan gambaran tentang bagaimana tempat tinggal kita nantinya.
Dengan memiliki rancangan rumah impian, kita sudah menyiapkan rancangan hunian yang hendak dibuat pada saat tiba waktunya. Tak perlu menunggu adanya musibah, kita bisa membangun hunian impian jika sudah memiliki dana yang cukup untuk renovasi hunian. Jadi, tak ada salahnya membuat rancangan hunian impian.

Tips membuat rancangan hunian impian yang nyaman
Setiap orang tentu menginginkan hunian yang nyaman. Jika nyaman, penghuni pun merasa betah untuk tinggal.
Berbicara tentang kenyamanan tak lepas dari permasalahan cahaya, udara, dan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, berikut beberapa tips dalam menrancangan hunian nyaman agar hunian tidak terasa panas dan terasa lega.

Buat bangunan agak tinggi
Rancangan Hunian Impian, jasa rancangan hunian impian, Membangun Hunian Impian, hunian impian, hunian impian keluarga,
Peninggian ruang pada bangunan banyak dilakukan pada hunian dengan pencahayaan dan pengudaraan alami. Peninggian plafon pada ruang akan menambah volume udara dalam ruang. Dengan banyaknya udara atau oksigen yang masuk, ruangan menjadi lebih terasa sejuk dan tidak panas.

Pasang ventilasi dan jendela dalam jumlah cukup
Pemasangan ventilasi tidak hanya dilakukan pada dinding bangunan, tetapi juga dapat dipasang pada sopi-sopi (kuda-kuda). Ventilasi ini semacam cerobong asap yang digunakan pada bangunan hunian yang tidak memungkinkan diberi ventilasi.
Untuk memaksimalkan cahaya maka bangunan hunian harus dilengkapi bukaan sinar dari jendela, roster, atau kaca motif. Dengan banyaknya cahaya yang masuk dan kombinasi tata udara menyilang akan didapat hunian yang sejuk.

Buat teras atau beranda
Keberadaan teras bisa sedikit meredam masuknya cahaya dan angin secara langsung. Teras, beranda, dan konsul di daerah pintu masuk dan jendela akan mengurangi radiasi matahari yang masuk secara langsung. Bagian dalam hunian pun menjadi berkurang panasnya.
Pembangunan teras tanpa kanopi atau atap teras juga perlu diperhatikan. Pembuatan lantai teras dari bahan padat dan keras, misalnya keramik a yang rapat, bisa memantulkan panas. Hal ini tentu akan menambah panas di sekitar hunian. Oleh sebab itu, lantai teras sebaiknya dibuat dari lantai kasar yang berpori besar untuk meredam panas.

Lakukan kombinasi warna secara tepat
Penempatan warna secara tepat antara warna gelap dan warna terang berdasarkan fungsi ruang dan kombinasi warna dalam ruang akan menghasilkan kenyamanaan dan keindahan. Dengan begitu, penempatan warna yang tepat akan menimbulkan kenyamanan tersendiri sesuai dengan sifat warnanya.

Gunakan material alam
Rancangan Hunian Impian, jasa rancangan hunian impian, Membangun Hunian Impian, hunian impian, hunian impian keluarga,
Bahan-bahan bangunan atau material dari alam seperti batu belah, batu poras (batu andesit), batu candi, serta batu bata ternyata mampu menyerap panas lebih maksimal dan menahan suhu sejuk lebih lama. Ini dapat dilihat pada bangunan-bangunan tradisional yang umumnya dibuat tinggi dan dibentuk dari material alam, relatif lebih nyaman untuk ditempati.

Perhatikan alat-alat sanitair, instalasi pipa, dan instalasi listrik
Pengaturan jalur distribusi sanitair, pipa-pipa, dan listrik perlu dibuat jalur yang baik. Dengan begitu, instalasi mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan. Jika ada penambahan bangunan, instalasi listrik dan sanitair bisa diakses dengan mudah. Jadi, keberadaan alat sanitair, instalasi pipa dan listrik perlu diperhatikan sejak awal pembuatan rancangan hunian impian.

Demikian kurang lebihnya informasi yang dapat kami sampaikan, jika anda ingin mendapatkan informasi tentang ruangan dalam hunian anda , silahkan baca Tips Desain Interior Rumah Minimalis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Cara Membuat Cumi Bakar Pedas

Resep Cara Membuat Cumi Bakar Pedas - 27 Suka 1 ...