Kamis, 26 April 2018

Resep Cara Membuat Cumi Bakar Pedas

Resep Cara Membuat Cumi Bakar Pedas -
  • 27 Suka
  • 1 Recook
  • Ceritanya sedih kmrin makan cumi di warung tenda macam ""lamongan"" gitu. 1 ons nya 16rb. Aku ambil 2 biji cumi ukuran sedang itu udah 2 ons jd 32rb dapet 2 EKOR cumi. Hiks Padahal beli di abang sayur 4 ons 25rb dan dapetnya 10 biji .Menang banyak kaaaan πŸ˜‚πŸ€£ mana rasa yg di warung ten Resep Perkedel Kentang da itu ngak seenak penampilanya. Hiksss rugiii banget.... Masih punya stok cumi di freezer, bosen klo dimasak saos padang atau lada hitam. Akhirnya cari resep cumi bakar di cookpad terus aku modifikasi deh resepnya. Selamat mencoba 😊



    ambar susan rosifa



    Bahan-bahan 2-3 porsi
    1. 4 ons cumi (10 ekor)
    2. 1 jeruk nipis
    3. bumbu halus :
    4. 4 buah bawang merah
    5. 3 buah bawang putih
    6. 2 buah kemiri
    7. 2 cabe merah keriting
    8. 3 cabe rawit merah (sesuaikan selera)
    9. 2 cm gula merah (gula merah yg bulat di potong 2 cm ajah)
    10. bumbu pelengkap:
    11. 2 sdm kecap manis
    12. 1 sdt garam
    13. 1 sdt merica
    14. 1 sdt ketumbar bubuk (boleh di skip)
    15. 1 sdm saos tiram
    16. secukupnya margarin
    17. minyak untuk menumis



    Langkah 30 menit
    1. Cuci bersih cumi (buang tinta dan mata nya).
    2. Lumuri dengan jeruk nipis. Diamkan dalam kulkas selagi kita meracik bumbu halus.
    3. Tumis bumbu halus hingga wangi dan berubah warna. Lalu tambahkan kecap, saos tiram, garam, merica, ketumbar. Angkat dan bagi menjadi 2 bagian yang satu bagian lebih banyak yaa (bagian lebih banyak untuk dicampur dengan cumi, yg 1 lagi untuk olesan)
    4. Cuci cumi yang telah di beri perasan jeruk. Setelah itu masukkan kedalam bumbu tadi.
    5. Bakar cumi di atas grill pan atau teplon (saya pake teplon saja). Jangan lupa diolesin bumbu oles yang telah dicampur dengan margarin. Jangan lupa di bolak balik dan jangan terlalu lama dipanggang nanti cumi bisa alot.
    6. Ganti Selamat mencoba :)
    Tambah langkah


    Resep Cara Membuat Udang Goreng Renyah

    Resep Cara Membuat Udang Goreng Renyah - Dari pasar beli 1 kg udang kecil ... Aq mau ngupas kulit butuh waktu lama... Akhirnya aq pilih yg agak besar aq kupas Dn yg kecil"" aq buang kepalanya Aja... Trs Ada ide tuk goreng Tanpa harus kupas kulit nya... Coba"" Aja dn Al hasil ank"" Suka πŸ˜„



    Putri Deva



    Bahan-bahan
    1. Resep Soto Betawi 200 gr udang kecil
    2. 1 sdm Tepung terigu
    3. 1 sdm Tepung tapioka
    4. secukupnya Garam
    5. secukupnya Lads bubuk



    Langkah
    1. Buang Kepala Dr udang. Cuci Bersih kasih gram Dn Ada bubuk secukupnya.. Seblm d goreng taruh d kulkas kurang lebih 30 menit
    2. Setelah 30 menit keluarin udang... Taburi dg Tepung terigu Dn Tepung tapioka kasih dikit air Biar Langket d udangnya
    3. Panaskn Minyak.. Goreng sampe kering dn crispy...
    4. Selamat mencoba
    Tambah langkah


    Resep Pampis Tongkol Tempe Kemangi

    Resep Pampis Tongkol Tempe Kemangi -
  • 35 Suka
  • 1 Recook
  • by : Mak Gege Source : mba Cicik Ary Sebenarnya awalnya niat mau buat tumis Tongkol cabai hijau, tapi pas goreng ikan tongkol nya terlalu keringπŸ˜₯ apalah daya huhu masak sambil beberes.. Jadi we punya ide suwir2 itu tongkol, kebetulan punya stock tempe jadi we aku buat Pampis Tongkol Resep Sayur Asem Tempe Kemangi dan enakk bgt sukaaπŸ‘.. yuk dicobain Bunsay.. Happy Cooking mom's πŸ™Œ



    Elisabeth Febrina Sebayang (Mak Gege)



    Bahan-bahan 4-5 porsi
    1. 200 gr Tongkol Pindang Potongan, goreng sebentar saja trs suwir2
    2. 1/2 buah Tempe iris2, goreng lalu haluskan menggunakan ulegan
    3. πŸ‘‰Bumbu Halus :
    4. 2 buah cabai merah besar
    5. 10 buah cabai merah keriting
    6. 5 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
    7. 5 siung bawang merah
    8. 3 siung bawang putih
    9. 1 cm ruas lengkuas
    10. 1 cm ruas jahe
    11. 1 cm ruas kunyit
    12. 1 batang serai ambil putihnya potong2
    13. πŸ‘‰Bumbu Pelengkap :
    14. 2 batang daun bawang iris halus
    15. 4 lembar daun jeruk buang tulangnya iris halus
    16. 2 iket daun kemangi
    17. 1/2 sdt lada bubuk
    18. secukupnya garam, gula pasir
    19. secukupnya kaldu bubuk



    Langkah 20 menit
    1. Ganti πŸ‘‰Siapkan bahan2 nya terlebih dahulu :
    2. Haluskan bumbu halus
    3. Ganti Siapkan wajan, tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan irisan daun kemangi, irisan daun jeruk, dan irisan daun bawang aduk rata. Lalu tuangkan air secukupnya, beri garam, gula pasir, kaldu bubuk dan lada bubuk aduk2 lalu koreksi rasa. Masak hingga sambal aga matang dan air agak menyurut, setelah itu masukkan suwiran pindang tongkol dan tempe yg sudah dihaluskan. Aduk rata hingga tercampur dengan bumbu.
    4. Ganti Angkat
    5. Ganti Siap disajikan πŸ‘Œ
    Tambah langkah


    Resep Membuat Soto Ayam Indira

    Resep Membuat Soto Ayam Indira - Membuat soto ayam untuk makan siang, pakai bubuk koya tambah guriih. Pakai resep soto ambengan bunda didi. Enaak banget, sedaap. Ijin tulis resepnya disini ya bunda, menyesuaikan bahan - bahan yang ada dirumah.



    Nisaulfa



    Bahan-bahan
    1. 1/2 ekor ayam kampung potong 2 bagi Resep Martabak Manis an
    2. 1500 ml air
    3. 2 batang sereh geprek
    4. 3 lembar daun jeruk buang tulangnya, sobek-sobek
    5. Secukupnya garam
    6. Secukupnya kaldu ayam bubuk (optional)
    7. Secukupnya merica bubuk dan gula pasir
    8. Bumbu Halus:
    9. 8 butir bawang merah
    10. 3 siung bawang putih
    11. 4 butir kemiri sangrai
    12. 2 cm kunyit bakar
    13. 1 cm jahe
    14. Bahan Koya :
    15. 4 kerupuk udang yang telah digoreng
    16. 1 sendok makan bawang putih goreng kering
    17. Semua bahan koya diatas dihaluskan dengan ditumbuk atau memakai blender
    18. Bahan Pelengkap:
    19. 3 lembar kol, iris halus
    20. 2 genggam taoge panjang seduh air panas
    21. Secukupnya seledri iris halus
    22. Sambal cabe rawit
    23. Irisan tomat



    Langkah
    1. Rebus ayam dan air sampai jadi kaldu bening dengan api kecil.
    2. Tumis bumbu halus, sereh, dan daun jeruk sampai harum.
    3. Setelah air rebusan mendidih, tuang bumbu yang telah ditumis ke dalam rebusan ayam. Tambahkan garam, kaldu ayam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang. Koreksi rasa.
    4. Angkat ayam dan suwir-suwir daging ayam.
    5. Ganti Tata dalam mangkuk tauge, irisan kol, suwiran ayam. Siram dengan kuah. Taburi dengan seledri dan bawang goreng. Beri bubuk koya. Sajikan dengan sambal cabe rawit.
    Tambah langkah


    Resep Cara Membuat Sop Kaki Kambing

    Resep Cara Membuat Sop Kaki Kambing - Request nya abi nih sop kaki kambing ... Klo abi yang minta masaknya semangat hehe



    Nova_wafathar



    Bahan-bahan
    1. 500 gr kaki kambing
    2. 3 buah wortel iris Resep Ayam Goreng
    3. 1/4 bagian kol
    4. 2 batang seledri
    5. 2 batang daun bawang
    6. bumbu halus :
    7. 5 siung bawang merah
    8. 2 siung bawang putih
    9. 10 butir merica
    10. secukupnya masako ayam
    11. 1/2 sdt gula pasir



    Langkah
    1. Presto dulu ya kaki kambingnya dan wortel masak sekitar 45 menit.
    2. Setelah selesai presto lalu masukan sayuran kol nya dan seledri masukan bumbu halus dan bumbui masak lagi sampai matang icipi ya rasanya. Lalu terakhir masukan daun bawang. Angkat sajikan
    Tambah langkah


    Resep Mie Goreng Sapi Kitaberbagi

    Resep Mie Goreng Sapi Kitaberbagi - Bosen dengan olahan daging yg itu"" saja mom.. kreasi yuk, ini perpaduan black pepper beef & mie ayam jawa (jatim). Kenapa Jatim, krn kl di jateng rasanya ga ada yg pake toge.. mie gorengnya beda.. Mie jawa yg spt ini sy pernah cicipin saat di rumah mertua.. yuk dicoba, ini sy buat versi mudah dan praktisnya.. Happy Cooking..



    Novhiesnotes



    Bahan-bahan 2 porsi
      Resep Nasi
    1. 100 gr daging sapi, potong
    2. 1 papan mie kering, rebus tiriskan
    3. 1/2 siung bombay, iris
    4. 2 siung bawang putih, cincang
    5. 1 bh tomat, potong 4
    6. 1 mangkuk tauge
    7. 1 batang daun pree, potong
    8. 1 butir telur
    9. 3 sdm kecap manis
    10. 1 sdt minyak wijen
    11. 1 sdt bubuk kaldu
    12. secukupnya Garam



    Langkah 15 menit
    1. Panaskan minyak, tumis daging hingga berubah warna.
    2. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum.
    3. Masukkan berturut"" : tomat dan daun pre, aduk hingga agak layu.. masukkan mie, kecap, sauce wijen, garam dan kaldu bubuk. Aduk hingga tercampur, koreksi rasa.
    4. Tahap terakhir masukkan telur, aduk hingga tercampur & matang. Terakhir masukkan tauge, aduk dan matikan api, agar tauge tidak overcook dan ttp cruncy..
    5. Ganti Voilaa..
    Tambah langkah


    Resep Ikan Patin Masak Woku

    Resep Ikan Patin Masak Woku -
  • 54 Suka
  • 7 Recook
  • Karena bingung ikan patin hari itu mau dimasak apa lagi, saya teringat bumbu ayam woku. Sepertinya enak... membayangkan wangi kemanginya... dan ternyata, suami dan anak2 memang suka sekali.



    Lavetta Mochtar



    Ba Resep Pecel Lele han-bahan
    1. Bahan :
    2. 2 ekor ikan patin
    3. 2 ikat Kemangi, ambil daunnya
    4. 6 lembar Daun jeruk
    5. 2 lembar Daun Kunyit (tapi saya gak pake, lagi gak ada daun kunyit)
    6. 2 batang Serai, ambil putihnya
    7. 2 buah Tomat
    8. 2 batang Daun Bawang
    9. 2 sendok makan Garam
    10. 1 sendok makan gula pasir
    11. 750 ml air
    12. 2 sendok makan minyak untuk menumis
    13. Bumbu Halus :
    14. 10 butir Bawang merah
    15. 6 buah Cabe merah besar
    16. 5 buah Cabe rawit
    17. 5 butir Kemiri
    18. 3 cm Kunyit
    19. 3 cm Jahe



    Langkah
    1. Haluskan bumbu-bumbu. Lalu tumis bumbu tersebut sampai wangi. Masukkan daun jeruk, daun kunyit, serai, dan tomat. Aduk sampai merata dan wangi
    2. Masukkan ikan kedalam bumbu-bumbu tersebut, dan tambahkan air, rebus sampai ikan matang dan air sudah mulai berkurang. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Perbandingan garam dan gula adalah 2:1
    3. Terakhir, masukkan daun kemangi dan daun bawang, aduk merata sekitar 1 menit. Lalu angkat dan sajikan.
    Tambah langkah


    Resep Cara Membuat Ayam Suir Bali

    Resep Cara Membuat Ayam Suir Bali - Jadi lagi iseng scroll instagram terus liat masakan enak dari @indovidgram langsung deh pengen praktekin, karna kebetulan ada ayam di kulkas



    zakiyah11



    Bahan-bahan
    1. 500 gram ayam (aku pilih yang bagian dada/boneless)
    2. Resep Pecel Lele
    3. 4 buah cabai hijau besar
    4. 5 buah cabai merah keriting (untuk diiris)
    5. 7 buah cabai merah keriting (dihaluskan)
    6. 5 buah cabai orange (gak tau namanya)
    7. 4 siung bawang putih
    8. 7 siung bawang merah
    9. 1 ruas lengkuas
    10. 5 lembar daun jeruk
    11. 1 batang sereh
    12. 5 sdm santan Kental
    13. secukupnya garam
    14. sedikit penyedap rasa



    Langkah
    1. Rebus ayam 20 menit angkat tiriskan
    2. Ganti Iris cabai merah dan cabai hijau dan sereh
    3. Ganti Haluskan bawang merah dan bawang putih tiriskan
    4. Ganti Haluskan cabai merah dan cabai orange
    5. Ganti Suwir ayam menggunakan garpu
    6. Panas kan minyak
    7. Tumis bawang sampai harum
    8. Tambahkan daun jeruk, dan geprekan lengkuas
    9. Masukan ayam suir
    10. Masukan cabai iris
    11. Tambahkan garam
    12. Masukan cabai halus
    13. Ongseng-ongseng
    14. Tambahkan santan, aduk Hingga rata
    15. Tambahkan sedikit gula dan penyedap rasa
    16. Ganti Siaap sajikan
    Tambah langkah


    Resep Keumamah Ikan Tuna Masakan Aceh

    Resep Keumamah Ikan Tuna Masakan Aceh - Edisi org Jogja masak Aceh. Klo pny suami org Aceh hrs bs masak, dl nya masak masakan kampung sndr aj ƍαќ bs ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ .. Biasanya yg dijadiin Keumamah (ikan kayu) itu ikan tongkol/tuna, kali ini sy pke ikan tuna yg besar krn suami lbh suka ikan yg besar2, krg suka tongkol kecil. Resep masakan Aceh bljr dr Umi mertua Ϟ makcik. Asam sunti msh tetep pke. Klo di Aceh, tinggal beli aja asam suntinya. Yg pgn cb bkn asam sunti bs liat postingan tumis bandeng sy sblmnya. Asam sunti selain fungsinya b Resep Jamur iar kuah lbh kental, jg memberi rasa asam. Yg mau cb masak, ini resepnya.



    Nauzaery Setyo



    Bahan-bahan
    1. 2 potong keumamah/daging ikan tuna besar yg direbus Ϟ dijemur (300 gr)
    2. 1 buah belimbing sayur
    3. 3 buah cabe ijo
    4. 1 buah kentang (sy skip)
    5. 2 siung bawang merah iris tipis
    6. 2 buah jeruk nipis
    7. 1 batang daun temurui (daun kari)
    8. 2 batang daun pandan (boleh diskip)
    9. secukupnya garam
    10. secukupnya minyak goreng
    11. bumbu halus:
    12. 1 sdm bawang merah giling (5-6 siung)
    13. 1/2 sdm bawang putih giling (2-3 siung)
    14. 1 sdm cabe merah giling (5 merah + 2 kering)
    15. 1/2 sdm cabe rawit ijo giling (8-10 buah)
    16. 1/2 sdm kunyit bubuk (2 ruas jari)
    17. 3/4 sdm ketumbar giling/bubuk
    18. 1/4 sdt merica giling/bubuk
    19. sejumput jintan ikan/hitam
    20. 1 sdm asam sunti giling (asam aceh/belimbing wuluh yg dijemur sampai kering)



    Langkah
    1. Ganti Ikan tuna besar, pisahkan kulit dan tulangnya, ambil dagingnya aja (Dipasar tinggal kita bilang aja, ga perlu repot filet sndr. Sy pun ga pandai filet ikan2 besar). Cuci bersih daging ikan, beri air jeruk nipis (± 1 buah) + garam (± 1-2 sdt), tambhkn air kmdn rebus. Stlh direbus, jemur ± 1-3 hari sampai agak keras (klo sy ga suka tll keras)
    2. Setelah kering, ikan kayu/keumamah siap digunakan.
    3. Ganti Iris tipis ikan kayu/keumamah, cuci sekali dg air matang, tiriskan. Beri air jeruk nipis (1 iris jeruk nipis) + garam, aduk rata. Sisihkan
    4. Siapkan bumbu halus dan bahan lainnya. Setelah semua bahan dicuci, potong serong/panjang belimbing sayur, belah dua cabe ijo/iris serong panjang/potong jd 3, simpulkan daun pandan, iris tipis bawang merah. Sisihkan
    5. Ganti Masukkan bumbu halus ke dlm wadah/cobek ikan kayu/keumamah, aduk rata. Tmbhkn irisan belimbing dan cabe ijo, sisihkan.
    6. Ganti Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah iris sampai harum, kmdn mskkan daun temurui/kari + daun pandan, aduk rata. Stlh harum, mskkan ikan kayu/keumamah. Beri sdkt air, biarkan mendidih.
    7. Ganti Setelah mendidih, beri air lg. Byk air sesuaikan dgn selera. Kuah keumamah, jgn tll kering dan jgn jg tll byk. Setelah mendidih, cek rasa, jk sdh pas matikan kompor.
    8. Ganti Keumamah ikan tuna siap disajikan,, sensasi asem Ϟ pedes menggugah selera. Selamat mencoba :)
    9. NB: masak keumamah bs 2 versi, klo mau kuah agak merah, banyakin cabe merahnya. Klo suka yg agak kuning kehijauan, banyakin cabe rawit kecil ijo Ϟ kurangin cabe merahnya. Byk kuah sesuaikan dg selera ya. Ada yg suka keumamah kering & berminyak, klo suami suka yg berkuah dikit krn pke ikan besar.
    10. Ganti Update ft langkah & masakan
    Tambah langkah


    Resep Bandeng Asam Keu-Eueng Aceh Asam Pedas Aceh

    Resep Bandeng Asam Keu-Eueng Aceh Asam Pedas Aceh - Resep tradisi kami di Aceh Asam Keu-Eueng yang udah mendunia...πŸ˜ƒπŸ˜„ Enakkk banget lohhh... yuk cobain... makanna dipadu sama cah kangkung ato ikan goreng lebih yummiii...πŸ˜‹πŸ˜πŸ˜˜



    lily luna



    Bahan-bahan
    1. 1 ekor (800-1000gr) ikan Bandeng Resep Gulai Ikan
    2. Jeruk nipis
    3. Garam
    4. Bahan dihaluskan:
    5. 8 siung bawang merah
    6. 2 siung bawang putih
    7. 1 genggam asam sunti aceh
    8. 15 pcs cabe rawit (sesuai selera pedesna)
    9. 2 ruas jari kunyit
    10. Tambahan:
    11. 6 buah belimbing wuluh
    12. 1 sdm cabe merah giling
    13. 1 sdm ketumbar giling
    14. 1 biji jagung jintan ikan
    15. 350 ml air atau secukupnya
    16. secukupnya Garam



    Langkah 30 menit
    1. Bersihkan ikan.. potong miring.. lumuri air jeruk n garam.
    2. Ganti Blender semua bahan halus dengan air sampai sangat halus. Sisihkan.
    3. Masukkan cabe merah giling...ketumbar n jintan ke bumbu halus aduk rata.
    4. Ganti Ambil wajan atau belanga tanah. Masukkan ikan. Iris2 belimbing wuluh.. peras irisan belimbing ke ikan.. biarkan irisan ttap dalam wajan.
    5. Masukkan sdikit demi sdikit bumbu halus ke dalam ikan... aduk rata sampai habis bumbu.
    6. Tambahkan air dalam wajan aduk2 sampai ikan tenggelam. Beri garam secukupna.
    7. Masak ke atas kompor dengan api besar sampai mendidih n kecilkan api sampai kuah agak mengental n lumayan mengering. (Patokan mata ikan keluar tanda ikan sudah matangπŸ˜‹).
    8. Siapp hidang yaahhh.. smoga sukaaa..πŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜
    Tambah langkah


    Resep Ikan Tongkol Sambal Lado

    Resep Ikan Tongkol Sambal Lado - Serly Emah



    Bahan-bahan
    1. 1 ekor ikan tongkol uk. sedang
    2. 100 gr cabe merah
    3. 1 buah tomat
    4. Resep Lemper 5 siun bawang merah
    5. 2 siung bawang putih
    6. 2 sdm gula
    7. 1 sdt garam



    Langkah
    1. Potong2 terlebih dahulu ikan tongkol, lalu dibersihkan, dan goreng
    2. Blender smua bumbu seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih dan tomat
    3. Setelah itu tumis bumbu halus menggunakan minyak
    4. Lalu masukan garam dan gula, biarkan sampai semua bumbu dan minyak menyatu (icip rasa)
    5. Setelah itu masukan ikan, dan aduk rata.
    6. Siap dihidangkan
    Tambah langkah


    Resep Empal Daging Sapi Mantap

    Resep Empal Daging Sapi Mantap - Request misua dr kpn hari, baru kesampean hari ini eksekusinyaπŸ‘…



    Vivi Budiman



    Bahan-bahan
    1. 1/2 kilo Daging sapi
    2. Air
    3. Resep Sandwich 3 lembar Daun salam
    4. 3 buah sereh digeprek
    5. 1 ruas Lengkuas geprek
    6. Garam
    7. Gula merah
    8. 125 ml Santan
    9. Bahan bumbu halus :
    10. 10 Bawang putih
    11. 8 Bawang merah
    12. 2 sdt Ketumbar
    13. 5 Kemiri,sangrai



    Langkah
    1. Rebus daging utuh sampai setengah matang/empuk, angkat tiriskan lalu potong searah serat krg lebih ketebalan satu cm (jgn terlalu kecil karena nanti ukurannya akn menyusut), geprek pakai ulekan.
    2. Ganti Masukkan lagi daging ke air rebusan tadi, masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, santan daun salam, garam, tambahkan air secukupnya aduk2 rata dengan api kecil sampai menyusut (krg lebih 1 jam)
    3. Goreng daging setelah minyak panas, jangan terlalu lama menggorengnya karena daging sudah matang dan empuk
    4. Hidangkan empal daging sapi bersama nasi panas dan sambal goreng, mantapppπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»
    Tambah langkah


    Resep Membuat Tongseng Ayam Dyra

    Resep Membuat Tongseng Ayam Dyra - Alternatif olahan ayam yang rasanya ""pedas manis"" dan tak bersantan πŸ˜„πŸ˜„



    Indah Triwiartuti



    Bahan-bahan
    1. 500 gr ayam pejantan (bagian dada saja)
    2. 1 mangkuk kol iris Resep Telur Balado
    3. 1/2 buah tomat
    4. 2 batang daun bawang
    5. 3 buah cabe atau sesuai selera
    6. 1 lembar daun salam
    7. 1 batang serai (bagian putih)
    8. Gula merah secukupynya
    9. 5 sdm kecap manis
    10. Garam
    11. Kaldu jamur
    12. 1 sdm minyak sayur utk menumis
    13. Bumbu yang dihaluskan (saya pakai blender):
    14. 6 siung bawang merah
    15. 4 siung bawang putih
    16. 2 cm jahe
    17. 5 cm lengkuas
    18. 5 lembar daun jeruk



    Langkah
    1. Bersihkan ayam, potong sesuai selera. Kalau untuk tongseng, potongan ayam agak kecil-kecil. Dari 1 dada ayam bisa dipotong jadi 4 bagian
    2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam dan serai. Tambahkan air sedikit. Tumis hingga harum dan mengental
    3. Masukkan ayam kemudian gula merah. Aduk hingga bumbu rata
    4. Jika ayam sudah empuk, masukkan kol, daun bawang, irisan cabe dan tomat. Jangan lupa kecap manisnya...
    5. Terakhir masukkan garam. Garam dimasukkan terakhir agar masakan lebih sehat ✌πŸ’—. Aduk rata.
    6. Tongseng siap dihidangkan...
    Tambah langkah


    Resep Cara Membuat Almond Muffin

    Resep Cara Membuat Almond Muffin - Awalnya bingung mau ksh bekal apa untuk anak gadis sekolah.. Upyek2 cookpad nemu postingan mb fitri sasmaya ttg muffin ini, lgsg ke dapur ternyata bahan ada smua.. Lgsg dech eksekusi.. Mksh ya mb fitri buat resepnya.. Maaf mb, sy utak atik resepnya..



    Lulu Syarif



    Bahan-bahan
    1. Resep Sosis 200 gr terigu
    2. 50 gr mentega
    3. 50 gr buter
    4. 120 gr gula halus
    5. 1/2 sdt baking powder
    6. 1/2 sdt baking soda
    7. 1 butir telur
    8. 150 ml susu cair
    9. 50 gr chocochip
    10. secukupnya almond, keju parut



    Langkah
    1. Tim butter dan mentega..
    2. Campurkan susu, telur aduk rata dan campurkan dgb mentega dan butter yg telah cair.. Aduk rata.. Sisihkan
    3. Campur terigu, gula, baking powder, baking soda, chocochip, aduk rata..kemudia masukan adonan susu tadi.. Aduk rata..
    4. Masukan pada cup muffin taburi almond dan keju parut, sy pake 10 cup.. Panggang kurang lebih 30 menit tergantung oven masing2 ya bund.. Angkat dan siap di nikmati..
    5. Nb: panaskan oven terlebih dahulu ya bun, kurang lbh 10-15 menitan supaya stabil panasnya..
    Tambah langkah


    Resep Cara Membuat Bola-Bola Nasi Goreng

    Resep Cara Membuat Bola-Bola Nasi Goreng - Akhir-akhir ini anak saya kalau makan nasi suka bersisa. Pas lihat-lihat Buku Pintar Menu Balita-Wied Harry A, ada menu bola nasi goreng. Cek kulkas, bahan ada semua (kecuali protein hewaninya dari udang saya ganti dengan daging sapi giling). Hmmm so yummy πŸ˜‹



    Siti Maemunah



    Bahan-bahan 3 porsi
      < Resep Lontong Sayur li> 3 centong nasi
    1. 3 sdm air
    2. 2 sdm jagung, serut
    3. 1 sdm buncis, cincang
    4. 5 sdm daging sapi giling
    5. 1/2 bawang bombai, cincang
    6. 3 sdm keju cheddar serut
    7. secukupnya garam
    8. secukupnya minyak goreng
    9. secukupnya Tepung terigu



    Langkah
    1. Panaskan 3 sdm air. Masukkan jagung dan buncis, masak hingga empuk
    2. Tumis bawang bombai, masukkan daging sapi giling. Aduk hingga berubah warna
    3. Campur tumis daging sapi dengan nasi, tumisan sayur, keju dan garam. Aduk rata.
    4. Ambil 1 sdm adonan, bentuk bola-bola. Lapisi dengan tepung terigu (diresep asli pakai tepung panir. Tapi karena tidak ada, saya pakai tepung terigu).
    5. Goreng terendam hingga bola-bolanasi kering. Sajikan hangat.
    Tambah langkah


    Resep Mpasi 1y Macaroni With Chiken Krim Sup

    Resep Mpasi 1y Macaroni With Chiken Krim Sup - Septy



    Bahan-bahan 3 porsi
    1. secukupnya macaroni elbaw
    2. 1 ruas jari wortel
    3. 1 buah kentang ukuran sedang
    4. Resep Rawon 3 sendok daging giling muncung
    5. 2 siung bawang putih
    6. 1/4 buah bawang bombay
    7. sesuai selera garam (bisa diskip)
    8. sesuai selera gulpas (bisa diskip)
    9. 1/2 sdt merica bubuk (bisa diskip)
    10. secukupnya air kaldu/air matang



    Langkah 50 menit
    1. Rebus macaroni sampai matang tiriskan
    2. Kupas kentang potong dadu rendam air, kupas wortel potong dadu cuci
    3. Cincang bawang putih&bawang bombay
    4. Panaskan air dipanci, masukkan bawang putih, kentang, wortel, daging ayam, merica, gulpas, garam (koreksi rasa)
    5. Repus sup sampai semua bahan matang+empuk...
    6. Jika semua bahan sudah matang angkat lalu blender semua bahan
    7. Sajikan dengan macaroni... selamat memasak.... :-D
    Tambah langkah


    Resep Taro Cheese Balls Mpasi 10mo

    Resep Taro Cheese Balls Mpasi 10mo - Sebenernya ini recook dari vookpadnya bunda Trie febrian dengan judul bola-bola ubi ungu. Kebetulan dirumah ada ubi ungu (taro) labgsung eksekusi. Hasilnya enak, tapi si K cuma makan 2 balls doang, padahal mama bikin 10 balls, akhirnya yang makan mamanya..hiksss cedih balada anak GTM



    Dini Lintangsari



    Bahan-bahan
      Resep Ikan Bakar
    1. 1 buah ubi ungu (taro)
    2. Keju babybel secukupnya diparut
    3. Unsalted butter - cairkan



    Langkah
    1. Kukus ubi ungu. Setelah matang potong dadu2, dan lumatkan dengan garpu, campur dengan Unsalted butter yg dicairkan dan keju.
    2. Setelah tercampur semua, bentuk bola-bola kecil, lalu gulungkan pada keju oarutn Voilaa jadideh..gampil..
    Tambah langkah


    Resep Mpasi 9m Nasi Tim Ayam

    Resep Mpasi 9m Nasi Tim Ayam - Puput Kristanti



    Bahan-bahan 2 porsi
    1. 2 sdm ayam kampung cincang
    2. 1/2 potong wortel
    3. 30 ml kaldu ayam
    4. Resep Pepes Ikan 1 buah bawang putih keprek
    5. Nasi putih



    Langkah 30 menit
    1. Parut wortel
    2. Tumis bawang putih beserta ayam & wortel hingga matang
    3. Blender bahan tumisan hingga halus kemudian tuang dalam wadah, tekan2 hingga rata
    4. Letakan nasi diatas ayam, tekan2 nasi hingga rata. Tuang kaldu ayam kedalam wadah lalu steam +- 20mnt. Tuang nasi keatas piring. Sajikan :)
    Tambah langkah


    Resep Mpasi 8 Bln Nasi Lembek Brokoli Ceker Ayam

    Resep Mpasi 8 Bln Nasi Lembek Brokoli Ceker Ayam -



    Tata Kitchen



    Bahan-bahan 1 porsi
    1. 3 sdm nasi lembek
    2. secukupnya brokoli
    3. Resep Spaghetti 3 bh ceker ayam
    4. 3 gelas air



    Langkah 30 menit
    1. Masak ceker sampai empuk, bila sdh empuk masukkan brokoli yg sdh di haluskan bersamaan nasi lembek
    2. Tunggu hingga matang, angkat, sajikan hangat
    Tambah langkah


    Resep Bola Sapeju Kuah Apel Mpasi 7m

    Resep Bola Sapeju Kuah Apel Mpasi 7m - Selali berusaha menyakin menu homemade buat khairi, dan ini menu 4 bintang buat umma😍



    upik maharani



    Bahan-bahan
    1. bubur beras
    2. ikan salmon dihancurin (bisa diganti ikan lain) Resep Nasi Kebuli
    3. tempe dihancurin
    4. 2 bawang putih
    5. 1 butir telur
    6. 1 buah apel
    7. 2 cm kayu manis
    8. secukupnya air putih



    Langkah
    1. Campur tempe, salmon dan bawang putih, bentuk bola kecil. Celup ke telur, goreng sampai matang.
    2. Apel dijus, kemudian dimasak dengan kayu manis. Setelah mendidih, angkat.
    3. Sajikan bubur beras, disiram kuah apel, dengan lauk bola sapeju (salmon tempe keju)
    Tambah langkah


    Resep Mpasi Gwen 7m Kentang Brokoli Lauk Ikan Patin Goreng

    Resep Mpasi Gwen 7m Kentang Brokoli Lauk Ikan Patin Goreng - Devi Apriyanti



    Bahan-bahan 1 porsi
    1. ikan patin filet buang kulitnya
    2. 2 buah kentang
    3. 3 kuntum brokoli
    4. Resep Semur Daging margarine
    5. air kaldu sayur



    Langkah 15 menit
    1. Cuci bersih kentang. Rendam brokoli dengan air garam.
    2. Kukus kentang dan brokoli sampai matang. Lalu blender kasar tambahkan air kaldu kentang.
    3. Panaskan margarine sampai cair masukan ikan patin filet goreng sampai matang kecoklatan.
    4. Kentang dan brokoli yg sudah di blender kasar lalu saring. Sajikan dengan ikan patin goreng (sesuai texture makan bayi bisa ikut di blender bisa di halusan untuk lauk).
    Tambah langkah


    Resep Bubur Kabocha Wortel Kentang - Mpasi 6m

    Resep Bubur Kabocha Wortel Kentang - Mpasi 6m - Karena sibuk jadi siapkan stock dikulkas tapi menu yang sehat



    Nokinda Wita



    Bahan-bahan 5 porsiΔΊ
    1. 1 cup Beras Organic
    2. Labu korea 1/4 dari 1 biji Resep Sayur Lodeh
    3. 4 batang Baby Wortel
    4. 8 pcs Baby kentang
    5. 400 ml Kaldu ayam
    6. 300 ml Air matang



    Langkah 60 menit
    1. Cuci beras organic sekali saja dengan air matang
    2. Kupas kulit labu, wortel dan kentang. Bersihkan..
    3. Potong dadu labu, kentang sebiji dibagi 2, wortel diparut
    4. Masukkan beras ke slow cooker bersama dengan labu, wortel, kentang dan kaldu serta air matang
    5. Set high lalu ditinggal masak sampai bubur matang
    6. Ganti Sajikan hangat
    7. Bubur bisa di simpan dalam freezer untuk stock selama 1 minggu lamanya
    Tambah langkah


    Resep Chai Masala Masala Tea

    Resep Chai Masala Masala Tea -
  • 4 Suka
  • 1 Recook
  • Chai Garam atau juga di sebut masala Tea adalah Bahasa India yang artinya teh bumbu . Hmmm teh bumbu .. ? Yaa teh bumbu adalah teh yang di masak dengan aneka rempah khas india/timur tengah .. tapii rempah2 itu juga banyak di gunakan di indonesia karena Indonesia pun kaya akan rempah n Resep Bakso ya . Mungkin sebagian orang heran dengan teh yang di campur dengan rerempahan yang biasanya di gunakan untuk memasak makanan. Eeit tapi jangan salah justru teh masala ini sangat nikmat sekali perpaduan teh , susu dan rempah menjadi satu kesatuan yang sempurna . Citarasa yang khas menjadikan penikmatnya tak cukup hanya menyeruput secangkir pasti ingin lagi dan lagi ..



    Zarra



    Bahan-bahan
    1. 1 sdm Teh bubuk (aku : red label)
    2. 1 kaleng Susu Evaporasi (aku :Rainbowmilk . - bisa juga bearbrand)
    3. 5 sdm Susu kental Manis
    4. 500 ml Air
    5. 1 ruas Kayu Manis (4cm)
    6. 15 butir kapulaga india
    7. 5 butir cengkih
    8. 2 butir Bunga Lawang
    9. secukupnya Gula



    Langkah 15 menit
    1. Rebus air bersama dengan semua bumbu (kayu manis , kapulaga , cengkih dan bunga lawang) sampai mendidih.
    2. Setelah air berubah kecoklatan masukan bubuk teh . Masak sampai air berubah menjadi lebih gelap . Tidak perlu terlalu lama . Kemudian masukan susu evaporasi dan di susul dengan susu kental manis , aduk rata . Tes rasa . Jika dirasa kurang manis tambahkan gula . Masak kembali sampai semua tercampur . Jangan terlalu lama ya . Teh siap disajikan .
    3. Ganti Minum teh nya pagi-pagi tadi sambil liat indah nya Gunung Arjuna yang berdiri gagah dan menjulang tinggi terlihat dari cendela ruang tamu . Oooh indah nya ...
    4. Di foto terlihat kecil ya gunung arjuna nya padahal asli nya keliatan besar banget dari rumah . Love lawang banget dech ... muach muach muach ...
    5. Ganti Ini kemarin banyak yang tanya juga yaa... bunga lawang itu seperti apa dan kapulaga india seperti apa . Di bawah ini foto kayu manis - cengkih - kapulaga india - bunga lawang (pekak)
    Tambah langkah


    Resep Tomyam Ceker Pedes Gila

    Resep Tomyam Ceker Pedes Gila - Abis bikin stok kaldu ceker buat baby muthia ciyus cekernya dibikin tomyam deh mantep bener makannya ampe keringetan hu hah....



    Indah_DewiHadianti



    Bahan-bahan
    1. 1/2 kg ceker ayam yg udah direbus
    2. Resep Rendang secukupnya air
    3. 5 siung bawang putih,cincang
    4. 1 batang sereh
    5. 1 lembar daun jeruk
    6. sesuai selera cabe rawit
    7. 1/4 jeruk nipis;ambil airnya
    8. sesuai selera saos sambal
    9. minyak untuk menggoreng bawang putih
    10. Boncabe sesuai selera(saya 2 bungkus)
    11. 100 gr jamur kancing potong2
    12. secukupnya jahe
    13. 3 bh sosis ayam(*boleh di skip atau diganti)



    Langkah
    1. Rebus ceker dengan air secukupnya. Goreng bawang putih sampai harum dan sedikit kecoklatan masukkan ke air rebusan ceker. Masukkan saos sambal.
    2. Masukkan sereh,jahe,daun jeruk.Biarkan sampe mendidih.
    3. Masukkan jamur kancing,sosis & cabe rawit. Diamkan sebentar hingga matang. Masukkan boncabe dan penyedap rasa & perasan jeruk nipis.Tes rasa jika sudah pas angkat.sajikan
    Tambah langkah


    Resep Mie Udon Adonan Dasar

    Resep Mie Udon Adonan Dasar - Pengen buatin mie sendiri tuk si kecil dan suami, pasti nya lebih sehat. Cari resep yang simple aja, contek resep bunda Lulus Iswati πŸ˜ŠπŸ˜‰



    Christina



    Bahan-bahan
    1. 90 gram terigu cakra
    2. 10 g Resep Peyek Kacang ram tepung tapioka
    3. 1/4 sdt garam halus
    4. 45-50 ml air (suhu ruang)



    Langkah
    1. Ganti Campur terigu, tapioka ke dalam wadah.
    2. Beri garam di air yg sudah di takar. Aduk rata.
    3. Ganti Tuang air ke dalam adonan terigu, uleni sampai rata. Adonan memang tidak terlalu basah.
    4. Ganti Uleni sampai adonan menyatu.
    5. Taruh dalam wadah kedap udara (saya pakai tupperware), diamkan selama 30 menit.
    6. Ganti Lalu gilas adonan dengan botol, sampai ketebalan yang di ingikan.
    7. Ganti Taburi adonan dengan sedikit tapioka agar tidak lengket, lipat adonan seperti melipat kertas menjadi model kipas (kipas pd hiasan kado biasa nya 😁)
    8. Ganti Lalu potong dengan pisau tajam, potongan lebar mie sesuai selera.
    9. Ganti Adonan dasar mie udon siap di olah sesuai selera bunda 😊
    10. Ganti Sebelum di olah menjadi masakan. Adonan mie di rebus dalam air mendidih yg diberi sedikit minyak goreng. Lalu tiriskan.
    Tambah langkah


    Resep Cara Membuat Sapo Tahu

    Resep Cara Membuat Sapo Tahu -
  • 60 Suka
  • 1 Recook
  • Setelah bbrp hari ngolah daging,ganti hari ini kita masak sayur πŸ˜€πŸ˜€,bilang aja dagingnya udah habis 😜😜😜,kebetulan juga ada sedikit sosis dan sayuran di kulkas,tinggal tambah tofu aja jadi deh 😊,bumbunya simple,masaknya cepet,rasanya jgn ditanya yak,,segerrr bin nikmat πŸ˜πŸ˜‹ Resep Kue Serabi



    Endah Palupi



    Bahan-bahan
    1. 1 buah tofu,potong2
    2. 3 btg sosis,potong2
    3. 5 lbr sawi putih
    4. 5 btg buncis,potong2
    5. 1 btg daun bawang
    6. 1 btg seledri
    7. 2 siung bawang putih,keprek
    8. 1/2 buah bawang bombay
    9. Saus tiram
    10. Kecap asin
    11. Kecap ikan
    12. Kecap manis
    13. secukupnya Garam,gula,merica dan air
    14. Larutan maizena utk mengentalkan



    Langkah
    1. Goreng tofu sampe berkulit,sisihkan
    2. Cuci dan potong2 sayur sesuka hati
    3. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampe harum,masukkan sosis tumis sebentar
    4. Masukkan wortel,kemudian sayuran lain,tambah saus tiram,kecap asin,kecap manis,kecap ikan,garam,gula dan air secukupnya
    5. Masak sampe sayur cukup empuknya,cicipi,kentalkan dg larutan maizena
    6. Menjelang diangkat,masukkan daun bawang dan seledri
    Tambah langkah


    Resep Bulgogi Teriyaki Ala Nona Kentir

    Resep Bulgogi Teriyaki Ala Nona Kentir - ini nih rival makanan korea (bulgogi) vs. jepang (bumbu teriyaki) hmmm masitaπŸ˜‰ btw resep ini sesimple-simplenya karna buat pelengkap bibimbap ajaπŸ˜‡



    Suci MuLya N



    Bahan-bahan
    1. 300 gr daging sapi segar
    2. Resep Perkedel 1 bh mentimun segar
    3. 1/2 butir bawang bombay
    4. 3 helai daun bawang
    5. 1/2 ruas jahe (digeprek)
    6. 1 siung bawang putih (digeprek)
    7. 1 sachet saos teriyaki (saori)
    8. secukupnya kecap asin
    9. secukupnya kecap manis
    10. secukupnya minyak wijen
    11. secukupnya lada bubuk
    12. sedikit air
    13. margarin



    Langkah
    1. Cuci bersih dan potong tipis daging sapi.
    2. Ganti Siapkan wadah, masukkan daging sapi, saos teriyaki, kecap manis, kecap asin, minyak wijen, bawang putih, lada bubuk, dan sebagian bawang bombay. Marinasi selama 15-20 menit.
    3. Panaskan margarin, tumis daun bawang dan bawang bombay hingga harum. Masukan adonan daging sapi. Grill dg api sedang. Tambahkan air. Cek rasa. Biarkan mengental dan daging sapi matang.
    4. Ganti Angkat. Sajikan dengan taburan biji wijen yang sudah disangray dan irisan mentimun segar. Lengkap dg daun bawang utuh. Happy cooking πŸ˜‡
    5. NOTE. kalo bulgogi yang afdol, dimakan dg dibungkus selada dicampur bawang putih yg dibakar. Langsung masuk mulut satu kali lahap.
    Tambah langkah


    Resep Cara Membuat Cumi Bakar Pedas

    Resep Cara Membuat Cumi Bakar Pedas - 27 Suka 1 ...